ERABARU BASALTO

Batu Alam Lava - EraBaru Basalto

Batu Alam Lava dikenal juga dengan salah satu jenisnya yaitu Batu Candi, dimana batu lava / batu candi ini termasuk dalam kategori batuan beku atau batuan igneus (dari Bahasa Latin: ignis, "api") adalah jenis batuan yang terbentuk dari magma yang mendingin dan mengeras, dengan atau tanpa proses kristalisasi, baik di bawah permukaan sebagai batuan intrusif (plutonik) maupun di atas permukaan sebagai batuan ekstrusif (vulkanik).

Magma ini dapat berasal dari batuan setengah cair ataupun batuan yang sudah ada, baik di mantel ataupun kerak bumi. Umumnya, proses pelelehan terjadi oleh salah satu dari proses-proses berikut: kenaikan temperatur, penurunan tekanan, atau perubahan komposisi. Lebih dari 700 tipe batuan beku telah berhasil dideskripsikan, sebagian besar terbentuk di bawah permukaan kerak bumi.

Menurut para ahli seperti Turner dan Verhoogen (1960), F. F Groun (1947), Takeda (1970), magma didefinisikan sebagai cairan silikat kental yang pijar terbentuk secara alamiah, bertemperatur tinggi antara 1.500–2.5000C dan bersifat mobile (dapat bergerak) serta terdapat pada kerak bumi bagian bawah. Dalam magma tersebut terdapat beberapa bahan yang larut, bersifat volatile (air, CO2, chlorine, fluorine, iron, sulphur, dan lain-lain) yang merupakan penyebab mobilitas magma, dan non-volatile (non-gas) yang merupakan pembentuk mineral yang lazim dijumpai dalam batuan beku.

Pada saat magma mengalami penurunan suhu akibat perjalanan ke permukaan bumi, maka mineral-mineral akan terbentuk. Peristiwa tersebut dikenal dengan peristiwa penghabluran. Berdasarkan penghabluran mineral-mineral silikat (magma), oleh NL. Bowen disusun suatu seri yang dikenal dengan Bowen’s Reaction Series.

Dalam mengidentifikasi batuan beku, sangat perlu sekali mengetahui karakteristik batuan beku yang meliputi sifat fisik dan komposisi mineral batuan beku. Dalam membicarakan masalah sifat fisik batuan beku tidak akan lepas dari

(Sumber : http://id.wikipedia.org/wiki/Batuan_beku)

Jenis Batu Alam Lava
Batu Lava Hitam
Jenis Batu Alam Lava
Batu Candi
Jenis Batu Alam Lava
Batu Kerobokan Bali
Jenis Batu Alam Lava
Batu Lava Merah
Jenis Batu Alam Lava
Batu Serai
Jenis Batu Alam Lava
Batu Serai Rata
Jenis Batu Alam Lava
Batu Lava Putih

Batu Lava (Lava stone) dibagi menjadi :

1. Batu lava merah
2. Batu lava putih
3. Batu lava hitam
4. Batu lava hitam java
5. Batu lava travertine
6. Batu lava kuning
7. Batu lava kerobokan

Untuk pemesanan dan informasi mengenai Batu Alam Lava atau Batu Candi lebih lanjut, silahkan klik disini
Kantor Pusat :
ERABARU BASALTO
Jl.Gunung Soputan, Denpasar
Bali

Kantor Cabang :
Jl.Raya Senggigi, Lombok (under construction)


081 7098 5120 / 0822 9292 2384
erabarubasalto@gmail.com

Languages

Flag Counter